Yuk Kenalan dengan Adware


Hai Sobat Netter...

Sebelumnya sudah kita bahas mengenai  Malware dan Cara Pencegahannya, yang sedikit memberikan pengetahuan kita terhadap VIRUS yang berpotensi mengganggu perangkat kita, baik komputer maupun Smartphone

Kali ini kita akan mengenal lebih jauh lagi apa itu Adware dan bagaimana cara mengatasinya. 

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, bahwa adware biasanya menampilkan iklan pop-up di Handphone, Laptop, atau PC kita. Terlihat sepele memang, jika menampilkan iklan pop-up saat membuka browser, tapi jika iklan sudah muncul saat perangkat kita dalam posisi stanby atau tanpa membuka aplikasi apapun tentu sangat mengganggu.

Apa itu Adware?

Adware sendiri berasal dari kata Ads yang berarti "iklan" dan Ware yang berarti "Perangkat", jadi bahasa sederhananya Adware adalah sebuah software (perangkat lunak) yang yang dapat menampilkan iklan.

Pada dasarnya, apabila iklan yang ditampilkan relevan dengan minat dan tepat sasaran maka tidak begitu mengganggu seperti Google Adsense, MediaNet, AdNow, Bidvertiser dan lain-lain. Berbeda dengan Adware, maka iklan yang ditampilkan merupakan SPAM, tidak diinginkan, dan bahkan dapat dicurigai sebagai pembawa virus.

Mengapa ini bisa terjadi?

Biasanya, Adware terinstal dengan sendirinya ketika iklan yang ditampilkan mengandung virus yang auto install. Sering juga ini terjadi akibat kurangnya pengalaman ketika men-download file di situs-situs penyedia download gratis, karena begitu banyak iklan yang ditampilkan sehingga pengunjung sering terkecoh. Maka hendaknya kita selalu berhati-hati dalam mengunduh berkas di internet

Bagaimana cara pencegahan dan mengatasinya?

Sebelum terjadi masalah Adware yang mengganggu di Gadget atau Laptop Anda, ada cara yang cukup ampuh untuk mencegahnya, diantaranya:

1. Gunakan Antivirus terpercaya

Bagi Anda pengguna OS Windows 7, 8, dan 10 anda cukup mengaktifkan Windows Scurity yang didalamnya sudah lengkap untuk pelindung komputer Anda. Jika anda ingin menggunakan antivirus yang lain juga dipersilahkan.

Antivirus terbukti ampuh mengatasi Adware, meski tidak selalu menganggap Adware sebagai virus yang berbahaya tetapi penggunaan antivirus akan lebih aman karena keberadaannya akan langsung mencegah penginstalan otomatis yang tanpa kita sadari, serta akan menghapusnya.

2. Berhati-hati dan lebih teliti

Poin terpenting bagi para pengguna, yaitu berhati-hati dan lebih teliti dalam berselancar, mengunduh file, serta menginstal sebuah program. Jangan mudah terkecoh dengan iklan yang tampil dan program (file) yang terunduh.

Apabila sudah terjadi, apa yang perlu dilakukan?

1. Menghapus Adware

Biasanya, jika iklan selalu muncul di gadget atau komputer kita, itu berarti adware sudah terinstal dan yang perlu dilakukan adalah menghapusnya. Cari program yang tidak dikenal dan dicurigai sebagai penyebabnya, kemudian hapus (remove). Untuk tutorialnya mudah-mudahan akan dijelaskan dikemudian.

2. Scan Antivirus secara keseluruhan.

Gunakan antivirus untuk memeriksa secara keseluruhan. Ini akan membantu menemukan virus yang sudah terinstal di perangkat kita.

Semoga bermanfaat!.

.

.

.

------------------------------------------------------------

Keywords:

Apa itu Adware, bagaimana cara mencegah Adware, mengenal lebih jauh tentang Adware, cara mengatasi adware, adware sebagai virus, adware termasuk malware, apakah antivirus dapat mencegah adware, mencegah adware, solusi malware, adware dan cara mengatasinya, adware dan cara mencegahnya.

_________________________________________