Pentingkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)?


Pendidikan anak memang harus dimulai sedini mungkin.
Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasululloh SAW, bahwa "menuntut ilmu adalah dari buaian sampai ke liang lahat". Itu artinya setiap manusia sudah harus belajar mulai dari lahir sampai meninggal dunia, tidak bisa lepas dari pendidikan.

Namu demikian, tentu setiap jenjang umur adalah berbeda-beda dalam pendidikannya, sebagai contoh; diwaktu bayi pendidikan yang kita dapatkan yaitu dari orang tua, dengan mengajari berbicara, memperdengarkan kata-kata yang baik, dan lain sebagainya. Itu sebabnya sebagai orang tua tidak boleh mengajarkan sesuatupun yang negatif kepada bayi, karena setiap yang didengar akan direkam kuat oleh inderanya. Begitu pula bila dia telah berumur 4-5 tahun, tentu pendidikannya pun berbeda lagi, begitu seterusnya.


Bagaimana dengan Pendidikan Anak Usia Dini yang kita kenal dengan PAUD?

Dalam wikipedia Indonesia dijelaskan sebagai berikut:

Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar), kecerdasan (daya pikir, daya cipta, kecerdasan emosi, kecerdasan spiritual), sosio emosional (sikap dan perilaku serta agama) bahasa dan komunikasi, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan yang dilalui oleh anak usia dini.

Ada dua tujuan diselenggarakannya pendidikan anak usia dini yaitu:

  • Tujuan utama: untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan di masa dewasa.
  • Tujuan penyerta: untuk membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di sekolah.

Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun.

Ruang Lingkup Pendidikan Anak Usia Dini

    * Infant (0-1 tahun)
    * Toddler (2-3 tahun)
    * Preschool/ Kindergarten children (3-6 tahun)
    * Early Primary School (SD Kelas Awal) (6-8 tahun)



Demikian sekilas tentang Pendidikan anak Usia Dini. Jika ingin Buku-buku Sekolah Elektronik dari Depdiknas secara Gratis, dapat anda Download disini.


Pentingkah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)?


Silahkan berikan komentar anda demi Majunya pendidikan Indonesia.