Selasa, 17 Maret 2015

Ternyata Hal ini Juga Dapat Mempengaruhi Perkembangan Otak Anak!

Jika anak kita sering mulas, kolik, pada usia awal, kita patut berhati-hati karena hal ini juga dapat mengganggu perkembangan otaknya yang mengakibatkan kurang konsentrasi pada masa mendatang.

Banyak faktor yang menentukan kecerdasan seorang anak. Salah satunya adalah saluran cerna. Pencernaan yang terganggu ternyata memengaruhi perkembangan otak anak.

Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Ahad Suryawan mengatakan, saluran cerna dan otak aktif melakukan komunikasi dua arah. Jika saluran cerna sehat, maka akan mengirimkan sinyal positif untuk perkembangan otak. Sinyal yang dikirimkan ke otak pun memengaruhi mikrobiota dalam saluran cerna untuk proses penyerapan nutrisi

“Saluran cerna yang tidak benar bisa membuat gangguan sinyak ke otak. Jika anak sering kolik, mulas pada usia awal, bahaya untuk otaknya,” terang Ahmad yang tergabung di Happy Tummy Council dalam diskusi Saluran Cerna Sehat, Bekal anak Cerdas di Jakarta, Senin (16/3/2015).
Menurut Ahmad, gangguan pencernaan ini harus dihindari sejak awal kelahiran bayi. Sebab, perkembangan otak terbentuk pada masa awal kelahiran bayi. Dalam waktu dua tahun, otak anak sudah mencapai 80 persen dari otak orang dewasa.

Untuk itu, gangguan pencernaan pada bayi tak bisa dipandang sebelah mata. Kondisi ibu hamil saat mengandung memengaruhi kesehatan anak sekaligus saluran cernanya. Berikanlah anak makanan gizi seimbang dan air susu ibu (ASI) selama minimal 6 bulan.

“Hamil dengan aman, tenang, dan senang,” kata Ahmad.

Dalam kesempatan yang sama, dokter spesialis anak M Juffrie mengungkapkan bahwa gangguan pencernaan yang paling banyak dialami anak-anak adalah kolik. Kolik dapat menganggu pertumbuhan anak.

“Orangtua diharapkan bisa memahami apa saja gejala ganggan pencernaan anak. Dengan begitu, segera ditangani dengan baik sehingga tidak mengganggu kemampuan intelektual dan kognitif anak di kemudian hari,” kata Juffrie yang juga tergabung dalam Happy Tummy Council.

sumber : Tribunnews

Bagikan

Jangan lewatkan

Ternyata Hal ini Juga Dapat Mempengaruhi Perkembangan Otak Anak!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks