Kamis, 09 Januari 2014

Conquer Your Fears - Taklukkan Rasa Takutmu

"Conquer your fears (taklukkan rasa takutmu)". Mungkin Anda pernah mendengar dengan kata-kata itu dan merasa kata-kata itu sudah tidak asing lagi ditelinga. Bagi Anda yang pernah menonton film Alexander pasti ingat mengapa Alexander meneriakkan kata-kata itu. Ya! saat itu pasukannya kecil nyali begitu melihat pasukan besar Persia, teriakan itu lantang memotivasi pasukannya. Dan hasilnya, pasukan Macedonia yang tadinya ketakukan menjadi beringas dan gagahnya menumbangkan musuh. Ingat!. Saat kepercayaan diri sudah berkurang maka perasaan takut pun akan bertambah, dan sebaliknya saat kepercayaan diri bertambah maka perasaan takut pun akan berkurang. Kuncinya adalah Yakin, Yakin, Yakin, Yakin, dan Yakin....

Tak dipungkiri, rasa takut berlebihan atau yang sering disebut dengan phobia hampir dimiliki oleh setiap orang. Phobia  diartikan sebagai rasa ketakutan berlebihan terhadap benda dan situasi atau keaadan tertentu. Diamana rasa takut yang dirasakan penderita phobia itu lebih kepada perasaan takut yang tidak masuk akal atau irasional.

Ada bermacam-macam jenis phobia. Dan salah satunya adalah yang saya alami sendiri yaitu phobia ketinggian (Acrophobia). Sehingga ketika akan melakukan hal-hal yang dikerjakan di ketinggian saya selalu ciut nyali, deg-degan, dan tidak percaya diri.  Bahkan hanya sekedar untuk mengganti atap yang bocor pun terkendala.

Apakah hal ini harus dibiarkan?

Tentu tidak. Seperti yang saya tulis di awal bahwa takut harus dilawan, atau dalam bahasanya Alexander "Conquer your fears (taklukkan rasa takutmu)". Yaitu dengan 5Y, Yakin, Yakin, Yakin, Yakin, dan Yakin. sekalipun dengan melawan rasa takut bukan berarti sembuh dari Acrophobia. Tapi ketahuilah, ketika Anda melawan takut, Anda sudah selangkah lebih maju. Karena orang yang takut tapi terus melangkah, dia telah membuktikan sesuatu, sedangkan orang yang berani tapi dia tidak pernah melangkah, dia tidak pernah membuktikan apapun kecuali membuktikan ketakutannya.
Ketahuilah, ketika Anda melawan rasa takut, Anda sudah selangkah lebih maju. Karena orang yang takut tapi terus melangkah, dia telah membuktikan sesuatu, sedangkan orang yang berani tapi dia tidak pernah melangkah, dia tidak pernah membuktikan apapun kecuali membuktikan ketakutannya.
Semoga bermanfaat.

Bagikan

Jangan lewatkan

Conquer Your Fears - Taklukkan Rasa Takutmu
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks