Selasa, 29 Oktober 2013

Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini

ilustrasi/paud
Saat ini pendidikan memang sudah menjadi sesuatu yang signifikan bagi orang tua, baik pendidikan dasar, menengah, maupun pendidikan tingkat tinggi. Tak terkecuali pendidikan usia dini. Jika sebelumnya telah diposting mengenai pengenalan dan pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini, kini selanjutnya akan dibahas mengenai manfaat pendidikan usia dini.

Pendidikan anak usia dini atau yang lebih sering disingkat menjadi PAUD, memang sedang populer belakangan ini. Banyak orangtua mengikutsertakan anak-anaknya dalam sekolah PAUD.

Banyak juga alasan para orangtua mengajak anaknya untuk bergabung dalam PAUD. Mereka banyak melihat berbagai manfaat yang diberikan PAUD terhadap anaknya. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan oleh anak dan orangtua terutama pada perkembangan anak;
  1. Manfaat pertama dari PAUD ini adalah sangat bermanfaat bagi perkembangan fisik anak. Perkembangan fisik atau yang sering disebut sebagai perkembangan motorik ini akan melatih anak agar dapat melakukan berbagai gerakan. Gerakan-gerakan ini lah yang nantinya akan dikontrol oleh otak anak.
  2. Manfaat kedua dengan diberikannya PAUD pada anak adalah bermanfaat bagi perkembangan emosi anak. Anak akan mudah memperlihatkan rasa sayang kepada orang lain, seperti teman, orangtua, guru, dan orang terdekat lainnya. Di PAUD ini anak akan bergabung dengan teman-temannya yang lain dan belajar untuk berbagi rasa kepada anak-anak lainnya ketika belajar bersama atau bermain bersama. Terkadang sering kita temukan anak-anak menangis karena berebut mainan dengan anak lainnya, hal ini merupakan hal yang wajar karena mereka baru belajar untuk mengembangkan emosinya.
  3. Manfaat ketiga dari PAUD ini adalah dapat mengembangkan ranah kognitif anak dalam jenjang pendidikan tersebut. Ranah kognitif ini merupakan kemampuan anak dalam menerima suatu hal. Anak bisa mulai memahami informasi serta mengenal informasi dalam bentuk bahasa, lisan, mau pun isyarat. Dengan belajar menangkap informasi sejak dini, anak juga akan terlatih untuk memahami informasi pada waktu tumbuh besar nanti.
  4. Manfaat keempat, PAUD sangat bermanfaat bagi anak terutama pada perkembangan sosialnya. Anak akan belajar berinteraksi dengan anak-anak lain ketika bermain dan belajar bersama. Interaksi dan komunikasi ini sangat lah penting untuk perkembangan anak. Hal ini dikarenakan anak akan tumbuh dengan anak-anak lain juga ketika bersekolah di jenjang yang lebih tinggi.
  5. Manfaat kelima, PAUD dapat memberikan dampak baik karena anak akan semakin kreatif dalam perkembangannya. Anak akan mulai belajar untuk menciptakan sesuatu. Di sinilah peran guru-guru di PAUD sangat besar. Guru biasanya akan mengajarkan kepada anak untuk berkreasi dan menunjukkan bakat anak-anak sejak dini.
Semoga bermanfaat dan maju terus pendidikan Indonesia. Ayo Berbagi!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks