Sabtu, 17 Agustus 2013

Sejarah Singkat : Rangkaian Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan R.I.

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia (Jumat, 17 Agustus 1945 M atau 17 Ramadan 1365 H) dibacakan oleh Ir. Soekarno yang didampingi oleh Drs. Muhammad Hatta di Jalan Pegangsaan Timur 56, Cikini, Jakarta Pusat.

Berikut sejarah singkat rangkaian peristiwa menjelang Proklamasi Kemerdekaan RI

Tanggal 6 Agustus 1945 -- 2 bom atom dijatuhkan ke dua kota di Jepang, Hiroshima dan Nagasaki oleh Amerika Serikat. Ini menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya. Momen ini pun dimanfaatkan oleh Indonesia untuk memproklamasikan kemerdekaannya.

Tanggal 7 Agustus 1945 -- BPUPKI berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia).

Tanggal 9 Agustus 1945 -- Soekarno, Hatta dan Radjiman Wedyodiningrat diterbangkan ke Vietnam untuk bertemu Marsekal Terauchi. Mereka dikabarkan bahwa pasukan Jepang sedang menuju kehancuran tetapi Jepang menginginkan kemerdekaan Indonesia pada 24 Agustus.

Tanggal 10 Agustus 1945 -- Sementara itu, di Indonesia, Sutan Syahrir telah mendengar berita lewat radio bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu. Para pejuang bawah tanah bersiap-siap memproklamasikan kemerdekaan RI, dan menolak bentuk kemerdekaan yang diberikan sebagai hadiah Jepang. Syahrir memberitahu penyair Chairil Anwar tentang dijatuhkannya bom atom di Nagasaki dan bahwa Jepang telah menerima ultimatum dari Sekutu untuk menyerah. Syahrir mengetahui hal itu melalui siaran radio luar negeri, yang ketika itu terlarang. Berita ini kemudian tersebar di lingkungan para pemuda terutama para pendukung Syahrir.

Tanggal 11 Agustus 1945 -- Jepang melalui Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, mengatakan kepada Soekarno, Hatta dan Radjiman bahwa proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dilaksanakan dalam beberapa hari.

Tanggal 14 Agustus 1945 -- Saat Soekarno, Hatta dan Radjiman kembali ke tanah air dari Dalat (250 km di sebelah timur laut dari Saigon), Syahrir mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan karena menganggap hasil pertemuan di Dalat sebagai tipu busuk Jepang, karena Jepang setiap saat sudah harus menyerah kepada Sekutu dan demi menghindari perpecahan dalam kubu nasionalis, antara yang anti dan pro dengan Jepang. Hatta menceritakan kepada Sjahrir tentang hasil pertemuan di Dalat.

Sementara itu Syahrir menyiapkan pengikutnya yang bakal berdemonstrasi dan bahkan mungkin harus siap menghadapi bala tentara Jepang dalam hal mereka akan menggunakan kekerasan. Syahrir telah menyusun teks proklamasi dan telah dikirimkan ke seluruh Jawa untuk dicetak dan dibagi-bagikan. Soekarno belum yakin bahwa Jepang memang telah menyerah, dan proklamasi kemerdekaan RI saat itu dapat menimbulkan pertumpahan darah yang besar, dan dapat berakibat sangat fatal jika para pejuang Indonesia belum siap, Soekarno mengingatkan Hatta bahwa Syahrir tidak berhak memproklamasikan kemerdekaan karena itu adalah hak Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).

Tanggal 15 Agustus 1945 -- Jepang menyerah kepada Sekutu. Tentara dan Angkatan Laut Jepang masih berkuasa di Indonesia karena Jepang telah berjanji akan mengembalikan kekuasaan di Indonesia ke tangan Belanda. Setelah mendengar desas-desus Jepang bakal bertekuk lutut, Soekarno dan Hatta mendatangi penguasa militer Jepang (Gunsei) untuk memperoleh konfirmasi di kantornya di Koningsplein (Medan Merdeka). Tapi kantor tersebut kosong.

Soekarno dan Hatta bersama Soebardjo kemudian ke kantor Bukanfu, Laksamana Maeda, di Jalan Imam Bonjol. Maeda menyambut kedatangan mereka dengan ucapan selamat atas keberhasilan mereka di Dalat. Sambil menjawab ia belum menerima konfirmasi serta masih menunggu instruksi dari Tokyo. Sepulang dari Maeda, Soekarno dan Hatta segera mempersiapkan pertemuan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) pada pukul 10 malam 16 Agustus keesokan harinya di kantor Jalan Pejambon No 2 guna membicarakan segala sesuatu yang berhubungan dengan UUD yang sehari sebelumnya telah disiapkan Hatta.

Tanggal 16 Agustus 1945 -- Gejolak tekanan yang menghendaki pengambilalihan kekuasaan oleh Indonesia makin memuncak dilancarkan para pengikut Syahrir. Pada siang hari mereka berkumpul di rumah Hatta, dan sekitar pukul 10 malam di rumah Soekarno. Sekitar 15 pemuda menuntut Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan melalui radio, disusul pengambilalihan kekuasaan. Mereka juga menolak rencana PPKI untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 16 Agustus.

Peristiwa Rengasdengklok
Rapat PPKI pada 16 Agustus pukul 10 pagi tidak dilaksanakan karena Soekarno dan Hatta tidak muncul. Peserta rapat tidak tahu telah terjadi peristiwa Rengasdengklok. Para pemuda pejuang, termasuk Chaerul Saleh, yang tergabung dalam gerakan bawah tanah kehilangan kesabaran, dan pada dini hari tanggal 16 Agustus 1945 mereka menculik Soekarno (bersama Fatmawati dan Guntur yang baru berusia 9 bulan) dan Hatta, dan membawanya ke Rengasdengklok, yang kemudian terkenal sebagai peristiwa Rengasdengklok. Di sini, mereka kembali meyakinkan Soekarno bahwa Jepang telah menyerah dan para pejuang telah siap untuk melawan Jepang, apa pun risikonya.

Pertemuan Soekarno/Hatta dengan Jenderal Yamamoto
Malam harinya, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta, bertemu dengan Jenderal Yamamoto dan bermalam di kediaman wakil Admiral Maeda Tadashi. Dari komunikasi antara Hatta dan tangan kanan komandan Jepang di Jawa ini, Soekarno dan Hatta menjadi yakin bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu, dan tidak memiliki wewenang lagi untuk memberikan kemerdekaan.

Naskah Proklamasi
Mengetahui bahwa proklamasi tanpa pertumpahan darah telah tidak mungkin lagi, Soekarno, Hatta dan anggota PPKI lainnya malam itu juga rapat dan menyiapkan teks Proklamasi yang kemudian dibacakan pada pagi hari tanggal 17 Agustus 1945.

Sebelumnya para pemuda mengusulkan agar naskah proklamasi menyatakan semua aparat pemerintahan harus dikuasai oleh rakyat dari pihak asing yang masih menguasainya. Tetapi mayoritas anggota PPKI menolaknya dan disetujuilah naskah proklamasi seperti adanya hingga sekarang. Para pemuda juga menuntut enam pemuda turut menandatangani proklamasi bersama Soekarno dan Hatta dan bukan para anggota PPKI. Para pemuda menganggap PPKI mewakili Jepang. Kompromi pun terwujud dengan membubuhkan anak kalimat “atas nama Bangsa Indonesia” Soekarno-Hatta. Rancangan naskah proklamasi ini kemudian diketik oleh Sayuti Melik.

Isi Teks Proklamasi
Isi teks proklamasi kemerdekaan yang singkat ini adalah:


Proklamasi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05
Atas nama bangsa Indonesia.
Soekarno/Hatta

Di sini ditulis tahun 05 karena ini sesuai dengan tahun Jepang yang kala itu adalah tahun 2605.

Teks diatas merupakan hasil ketikan dari Sayuti Melik (atau Sajoeti Melik), salah seorang tokoh pemuda yang ikut andil dalam persiapan proklamasi.

Sementara naskah yang sebenarnya hasil gubahan Muh.Hatta, A.Soebardjo, dan dibantu oleh Ir.Soekarno sebagai pencatat. Adapun bunyi teks naskah otentik itu sebagai berikut:


Proklamasi
Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.
Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan
dengan tjara saksama dan dalam tempoh jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, 17 – 8 – ’45
Wakil2 bangsa Indonesia. 
Semoga Bermanfaat!

Bagikan

Jangan lewatkan

Sejarah Singkat : Rangkaian Peristiwa Menjelang Proklamasi Kemerdekaan R.I.
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

70 comments

Tulis comments
avatar
14 September 2015 18.46

Bangsa Yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para Pahlawannya. dengan mengetahui sejarahnya bagaimana kita bisa merdeka akan mengingatkan kita bahwa butuh banyak pengorbanan untuk bisa meraih kemerdekaan. Terima kasih sudah berbagi.
semoga bisa terus diupdate artikel mengenai para pahlawan kemerdekaan yang lain ya,, terima kasih..semoga sukses selalu.

Reply
avatar
3 November 2015 06.00

Terima kasih atas ilmu yang anda bagikan

Reply
avatar
3 November 2015 06.01

Website yang sangat menginspirasi, teruslah untuk mengembangkanya

Reply
avatar
3 November 2015 06.03

Website anda memberi banyak manfaat terhadap perkembangan teknologi

Reply
avatar
3 November 2015 06.07

Saya sangat menyukai website anda dan postingan didalamnya

Reply
avatar
3 November 2015 06.07

Postingan anda sangat berguna bagi saya, terima kasih

Reply
avatar
3 November 2015 11.42

Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

Reply
avatar
3 November 2015 11.44

saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

Reply
avatar
3 November 2015 11.45

blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

Reply
avatar
3 November 2015 11.47

Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya disini

Reply
avatar
3 November 2015 11.50

Terima kasih atas postingan yang bermanfaat

Reply
avatar
3 November 2015 11.52

Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

Reply
avatar
3 November 2015 11.54

saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

Reply
avatar
11 November 2015 09.46

"must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning
"

Reply
avatar
11 November 2015 09.46

This is a nice and informative, containing all information and also has a great impact on the new technology. Thanks for sharing it

Reply
avatar
11 November 2015 09.47

Thank you for another fantastic posting. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a speech next week, and I was looking for more info ;)

Reply
avatar
11 November 2015 09.48

You should write about the model/version on the blog. You can expose it's perfect. Your blog examination should widen your readership.I am really grateful for your blog post. I find a lot of approaches after visiting your post. Great work..looking for affordable and trusted hosting?come and visit \

Reply
avatar
11 November 2015 09.48

The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing...

Reply
avatar
11 November 2015 09.53

I’m completely enjoying as of it and that I have you ever bookmarked to ascertain out new stuff you'll post.. Can you also check

Reply
avatar
11 November 2015 09.54

I'm impressed, I must say. Very rarely do I come across a blog that's both informative and entertaining, and let me tell you, you've hit the nail on the head. Your blog is important; the issue is something that not enough people are talking intelligently about.

Reply
avatar
11 November 2015 11.21

I'm impressed, I must say. Very rarely do I come across a blog that's both informative and entertaining, and let me tell you, you've hit the nail on the head. Your blog is important; the issue is something that not enough people are talking intelligently about.

Reply
avatar
11 November 2015 11.23

must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning.

Reply
avatar
11 November 2015 11.25

Thank you for another fantastic posting. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a speech next week, and I was looking for more info ;)

Reply
avatar
11 November 2015 11.27

The you have is very useful. The sites you have referred was good. Thanks for sharing....

Reply
avatar
11 November 2015 12.29

Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar

Reply
avatar
11 November 2015 12.58

Saya sangat menghargai jenis topik yang diposting di sini.

Reply
avatar
12 November 2015 12.37

Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar apapun yang saya bisa, dan dengan berbuat demikian saya kadang-kadang meninggalkan komentar di blog. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

Reply
avatar
12 November 2015 12.45

Saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

Reply
avatar
12 November 2015 12.47

Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

Reply
avatar
12 November 2015 12.49

Tidak ada yang seperti ini. Bagus sekali

Reply
avatar
16 November 2015 12.21

Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

Reply
avatar
16 November 2015 12.22

saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

Reply
avatar
16 November 2015 12.23

Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

Reply
avatar
16 November 2015 12.24

saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

Reply
avatar
16 November 2015 12.25

Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

Reply
avatar
16 November 2015 12.26

saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

Reply
avatar
16 November 2015 12.27

blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

Reply
avatar
26 November 2015 11.44

Website yang sangat menginspirasi, teruslah untuk mengembangkanya

Reply
avatar
26 November 2015 11.45

Website anda memberi banyak manfaat terhadap perkembangan teknologi

Reply
avatar
26 November 2015 11.46

Saya sangat menyukai website anda dan postingan didalamnya

Reply
avatar
26 November 2015 11.47

Postingan anda sangat berguna bagi saya, terima kasih

Reply
avatar
4 Desember 2015 12.15

Nice shareing, semoga bermanfaat untuk semuanya

Reply
avatar
27 Januari 2016 06.55

sangat bermanfaat. terimakasih banyak gan :D

Reply
avatar
22 Juli 2016 03.03

Aw, this was an extremely good post. Finding the time and actual effort to make a top notch article… but what can I say… I procrastinate a whole lot and never seem to get anything done.

Reply
avatar
22 Juli 2016 10.39

blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif,...

Reply
avatar
22 Juli 2016 11.18

Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya disini,....

Reply
avatar
22 Juli 2016 11.36

Website yang sangat menginspirasi sekali , teruslah untuk mengembangkannya ya..

Reply
avatar
22 Juli 2016 11.42

i was just browsing along and came upon your blog. just wanted to say good blog and this article really helped me...

Reply
avatar
22 Juli 2016 11.45

Terima Kasih Atas Kesempatan dalam menulis artikel yang bagus ini :)

Reply
avatar
22 Juli 2016 11.46

Semoga admin diberi inspirasi untuk menulis selalu...

Reply
avatar
22 Juli 2016 11.53

I am glad to catch idea from your article. It has information I have been searching for a long time....

Reply
avatar
22 Juli 2016 13.00

Terima Kasih Atas Artikel Yang Bermanfaat ini...

Reply
avatar
22 Oktober 2016 08.31

Nice post. I learn something new and challenging on websites I stumble upon every day
You article very Good

Reply
avatar
30 Oktober 2016 15.04

blog yang sangat bermakna, saya suka dengan blog ini.
http://www.otakpoker.com/

Reply
avatar
14 Juni 2017 01.01

Kini Telah Hadir Agen Poker, DominoQQ, Capsa Susun, Bandar Ceme,Ceme Keliling, & Live Poker Terbaik dan Terpercaya.

Hanya dengan Minimal Deposit 10 ribu Bonus 10 ribu dan Minimal Withdraw 25 ribu anda dapat bermain di Acehpoker;

1. Acehpoker memberikan bonus Referral 15% (Seumur Hidup)
2. Sistem keamanan terjamin dan Data pribadi akan aman bersama kami.
3. Player Vs Player ( 100% No Robot)
4. Dengan Sistem Confirm Deposit terbaru Max 2 menit (Jika semua Nama di Id dan di bank
sama)
5. CS yang ramah dan Melayani dengan Professional
6. Online 365 Hari 24 Jam
7. Anda Menang berapapun Kami Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
withdraw dalam 1 hari.
8. Dapat bermain 6 permainan hanya dengan 1 Web , yaitu Poker , DominoQQ , Bandar Ceme, Capsa Susun, Ceme Keliling, Live Poker
9. Bisa bermain di Android dan IOS
10. Sistem pembagian Kartu menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random Permanent (acak) , Dan tersedia Ratusan meja untuk tempat anda bermain

Pin BBM : 563AB8CA
yahoo : mahadewi374@yahoo.com
Line: Lilly080615

Bola
Agen Bola Terpercaya
Daftar Judi Bola Maxbet
Bandar Bola IBCBET
Daftar Bola BCA
Cara Bermain Poker
Agen Poker Terpercaya
Poker Bonus Deposit
Cara Daftar Poker
Bandar Ceme Terpercaya
Cara Bermain Poker
Situs Poker Terpercaya
Judi Bandar Capsa
Poker Bonus Member Baru
Panduan Bermain Poker
Agen Poker Terbaik
Poker Promo Poker Online
Poker Online Terpercaya
Capsa Susun Uang Asli
Qiu Qiu Uang Asli
Poker Online Terbaik
Domino QQ Online
Bandar Ceme Keliling
Judi Poker Online
Agen Ceme Keliling
qiu qiu
texas holdem poker
Poker Online Indonesia

Reply

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks