Senin, 10 September 2012

Sejarah Berdirinya Yahoo!


Siapa yang tidak kenal dengan situs portal raksasa ini. Saya yakin, setiap pengguna internet mengenalnya, bahkan mungkin sering menggunakan layanannya, seperti pencarian, email, chating, atau bahkan hanya membaca berita. Dialah Yahoo!. Sebagai  search engine yang sering dipakai banyak orang untuk menjelajah dunia maya, selalu memperbaiki dan meningkatkan layanannya. Akan tetapi jarang dari kita yang tahu bagaimana sejarah dan siapa pendiri dibalik kesuksesannya. Untuk itu mungkin kita perlu tahu sedikit sejarah tentang yahoo! Setelah sebelumnya kita telah menulis tentang SejarahGoogle.

Yahoo! Didirikan oleh dua orang alumni Fakultas Teknik Universitas Stanford, David Filo dan Jerry Yang. Ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu mereka mendapat sedikit pekerjaan dari professor mereka yang harus dilakukan selain menjelajah internet, yaitu untuk mengkompilasi sebuah daftar boomark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subjek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)

Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo! diresmikan sebagai badan hukum. Dan perusahaannya diberi nama Yahoo! inc.

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo! pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marissa Mayer.


Referensi :
- Wikipedia

Bagikan

Jangan lewatkan

Sejarah Berdirinya Yahoo!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

1 comments:

Tulis comments

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks