Jumat, 14 Oktober 2011

Olahraga Bisa Cegah Migrain, Benarkah?


Serangan migrain bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Tapi ternyata dengan melakukan olahraga secara teratur bisa mencegah migrain.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa melakukan olahraga teratur sama efektifnya dengan terapi relaksasi dan juga penggunaan obat umum dalam membantu mencegah migrain.

Peneliti dari University of Gothenburg di Swedia yang dipimpin oleh Dr Emma Varkey ini cukup terkejut ketika mendapatkan berolahraga sepeda 3 kali seminggu bisa memiliki efek yang kuat dalam mencegah migrain.

Studi ini melibatkan 91 perempuan yang berusia 18-65 tahun yang rutin berkonsultasi di klinik khusus sakit kepala di Swedia. Partisipan ini didiagnosis migrain oleh ahli saraf dan mengalami sakit kepala 2-8 kali sebulan.

Dalam studi sebelumnya telah diketahui bahwa terapi relaksasi dan peresepan obat topiramate bisa mencegah migrain. Di studi terbaru ini peneliti menemukan olehraga bisa memiliki efek yang sama efektifnya.

"Hal ini sedikit mengejutkan dan sangat menarik bahwa perubahan serangan migrain hampir sama di semua kelompok, baik yang melakukan olahraga, minum obat atau terapi relaksasi," ujar Dr Varkey, seperti dikutip dari MedIndia, Jumat (14/10/2011).

Dr Varkey menuturkan pendekatan non-farmakologis ini kemungkinan bisa menjadi pilihan yang efektif dalam pengobatan migrain pada pasien yang tidak mendapatkan manfaat atau tidak ingin terus menerus minum obat.

"Penggunaan obat topiramate bisa mengurangi intensitas migrain yang datang, tapi pada beberapa orang obat ini bisa menyebabkan efek samping seperti mati rasa, vertigo dan suasana hati depresi. Namun efek samping ini tidak ditemui pada perempuan yang masuk dalam kelompok terapi relaksasi atau kelompok olahraga," ujar Dr Varkley.

Bagaimana, sudahkah anda mempersiapkan diri untuk olahraga secara rutin? :)
sumber : detik.com

Bagikan

Jangan lewatkan

Olahraga Bisa Cegah Migrain, Benarkah?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks