Sabtu, 09 April 2011

Rahasia Di Balik Sholat Subuh

Perlu kita sadari, ada sholat yang paling sulit bagi kita dalam melaksanakannya, salah satunya yaitu sholat yang dikerjakan pada pagi hari, Sholat Subuh. Ya! benar. Sholat subuh terkadang sangat sulit dikerjakan oleh sebagian orang, khususnya yang mempunyai kadar keimanan yang labil. Padahal jika kita mengetahui manfaat dan keindahan dibalik sholat subuh, tentu kita akan merasa rugi jika meninggalkannya.

Menurut Omjay (2010), yang saya kutip dalam tulisannya di kompasiana, beliau menjelaskan sebagai berikut :
Ada sebuah rahasia sholat subuh yang mungkin belum pernah anda DENGAR. Dalam zaman Rasulullah, Muhammad SAW, masjid-masjid selalu dipenuhi para jamaahnya pada saat sholat subuh. Berbeda sekali pada saat ini. Banyak masjid yang kosong dari para jamaah, dan hanya sedikit orang-orang yang beriman melaksanakan sholat subuh berjamaah ini. Pada zaman sahabat Rasul, begitu banyak orang-orang yang selalu datang ke masjid karena tahu rahasia sholat subuh ini. Begitu dahsyatnya sholat subuh itu, sampai-sampai Rasulullah menyuruh para sahabat membakar rumah-rumah yang di dalamnya ada seorang muslim yang tidak melaksanakan sholat subuh di masjid. Sepintas terlihat kejam, tetapi sebenarnya di sana ada sebuah pembelajaran yang mahal harganya, karena Rasullullah tak ingin umatnya jauh dari pintu surga dan mendekati pintu api neraka yang panas itu.

Sholat subuh adalah sholat yang sangat dimuliakan dari sholat-sholat wajib lainnya. Sebab pada saat menjelang fajar menyingsing, sulit sekali melawan rasa kantuk yang luar biasa. Bila kita tak terbiasa, maka adzan subuh dari masjid tak terdengar sampai ke telinga bahkan kalau pun kita mendengarnya, maka kita langsung menarik bantal dan sarung untuk tidur kembali. Makanya, dalam adzan subuh itu ditambahkan kalimat Assholaatu Khoirum Minannauum, yang artinya sholat itu lebih baik daripada tidur. Saya sering merinding bila menjadi Muadzin memanggil orang-orang untuk datang ke masjid. Sebab saya takut, saya sendiri yang kelak justru tertidur ketika waktu sholat subuh tiba.


Wahai kawan yang beriman. Temukan rahasia penting dalam sholat subuh ini, dan pastikan anda adalah orang yang menemukan rahasia itu. Bila anda telah melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid tanpa putus satu kalipun, maka anda akan temukan sebuah rahasia besar yang akan membuat anda menjadi pribadi yang super dan berbeda dari sebelumnya. Kalau anda tak percaya, silahkan membuktikannya. Jadilah pemenang yang mampu mengalahkan hawa nafsu dari dalam diri. Bila anda telah memenangkan pertempuran melawan hawa nafsu yang telah bersemayam di tubuh anda, maka anda akan menjadi orang yang takwa.
"Inna Akromakum Indallahi Atkokum". Sesungguhnya orang yang paling mulia di sisi Allah adalah orang yang Bertakwa.
Rahasia sholat subuh tak akan pernah anda dapatkan, bila anda tak pernah melaksanakan sholat subuh itu secara berjamaah. Sebuah rahasia yang telah didapatkan oleh mereka yang beriman dan beramal sholeh dan saling nasehat menasehati didalam kebenaran dan kesabaran.. Selalu menjalankan perintah Allah dengan sepenuh hati dan mengatakan dalam dirinya, Sami’na wa atho’na, kami dengar dan kami taat. Bukan sami’na wa asyoina, kami dengar dan kami asyik tidur kembali.

Apakah anda telah menemukan rahasia sholat subuh?
Sumber : Kompasiana

Baca juga artikel ini :

Bagikan

Jangan lewatkan

Rahasia Di Balik Sholat Subuh
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks