Jumat, 09 Juli 2010

Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional

Bahasa indonesia sebagai bahasa nasional. sebagai bahasa nasional berarti bahasa Indonesia tidak mengikat pemakainya untuk sesuai dg kaidah dasa. Bahasa Indonesia digunakan secara nonresmi,santai dan bebas.yang terpenting dl pergaulan dan perhubungan antar warga adalah makna yang disampaikan. pemakai bahasa Indonesia dalam konteks bahasa nasional dpt dg bebas menggunakan ujaran baik lisan,tulis,maupun lewat kinesiknya.kebebasan penggunaan ujaran itu juga ditentukan oleh konteks pembicaraan.manakala bahasa Indonesia digunakan di bus antar kota,ragam yang digunakan adalah ragam bus kota yang cenderung singkat,cepat,dan bernada keras.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, sebagai bahasa negara berarti bahasa Indonesi adalah bahasa resmi.dengan begitu bahasa Indonesia harus digunakan sesuai dg kaidah,tertib,cermat,dan masuk akal.bahasa Indonesia yang dipakai harus lengkap dan baku.Tingkat kebakuanya diukur oleh aturan kebahasaan dan logika pemakaia.dari dua tugas itu, posisi bahasa indonesia perlu mendapatkan perhatian khusus terutama bagi pembelajaran bahasa Indonesia sumber garda guru posisi pembelajaran bahasa Indonesia sehingga bahasa Indonesia tidak akan terpinggirkan oleh bahasa asing karena dalam sejarah  bahasa Indonesia sendiri, bahasa indonesia adalah bahasa persatuan.

Bagikan

Jangan lewatkan

Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

3 comments

Tulis comments
avatar
14 Juli 2010 17.27

kita harus bangga dengan bahasa indonesia. kita boleh menguasai bahasa2 lain, namun bahasa kita sendiri harus tetap kita junjung tinggi

Reply
avatar
14 Juli 2010 17.31

link Maswins sudah saya pasang di blog saya. trims mas...

Reply
avatar
16 Juli 2010 16.23

@Edwin's Personal Blog | Thanks Pak... Moga bermanfaat

Reply

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks