Sabtu, 20 Maret 2010

Lebih Mulia Siapa?


Maraknya pemilihan Pemimpin Daerah saat ini, apalagi di daerah saya yang sebentar lagi akan menggelar pesta demokrasi, banyak sekali tanggapan, kritik dan berbagai macam opini dari berbagai kalangan. Nah daripada kita selalu melulu membicarakan pramuka atau berkemah yang memang saat ini sudah jarang dilaksanakan oleh sebagian besar sekolah di daerah kita, walau saya berharap gerakan pramuka semacam itu jangan sampai pudar ditengah-tengan kita, apalagi pendidikan dirinya untuk disiplin dan berani menghadapi segala tantangan.

Kembali kepembicaraan awal. Jadi saya sedikit tertarik menuliskan sebuah sindiran, sekaligus kritik untuk negeri ini, yang saya dapat dari membaca sebuah surat kabar. Ada cerita dari sebuah Sekolah Dasar waktu belajar mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial).

Tanya Jawab, Lebih Mulia Siapa?

Disebuah kelas waktu pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Terjadilah Tanya-jawab Guru dengan siswa.


Guru bertanya    : “Menurut kalian Lebih Mulia Siapa, Presiden atau Wakil Presiden?

 
 “Presideeeeeeeen…..”. Tanpa ragu, mereka (para murid) serentak menjawab.
Kemudian guru kembali bertanya : “ Kalau Gubernur dan Wakil Gubernur, Lebih mulia siapa?”

 
Seperti pada jawaban sebelumnya para murid-pun berkata dengan yakin, “Gubernuuur…”. 


Lalu yang guru pun kembali bertanya, “Kalau Walikota dengan Wakil Walikota, lebih mulia siapa??”.


 Para muridpun mengatakan hal yang senada dengan serentak, “Walikotaaaaaa….” Dengan berteriak sekencangnya. Kemudian, gurupun kembali bertanya, “ Kalo Rakyat dengan Wakil Rakyat, Lebih Mulia Siapa??.....”


Para murid kali ini tidak seperti sebelumnya. Mereka serentak untuk diam dan bingung sambil berfikir dan menggumam dengan teman sebelahnya.
Lalu sang guru bertanya kepada para murid, “Lhoo kok pada diam, tadi kan pada serentak menjawab… Presiden, Gubernur, Walikota.., tapi sekarang kelihatan bingung..?”

 
Lalu salah satu murid berkata : “Seharusnya sih saya jawab, RAKYAT bu.. Tapi…………..”. Dia tidak melanjutkan. Dan sang guru pun tersenyum mendengar jawaban dari anak Sekolah Dasar Tersebut.


Apa pendapat anda mengenai Negeri ini dan wakil rakyat yang ada, pasti berbeda-beda, ini hanya sekedar hiburan sekaligus renungan buat kita semua.

Mudah-mudahan bermanfaat, dan jika anda ingin berpartisipasi untu mengirimkan artikel, cerita atau tutorial apapun untuk di posting di Blog ini, silahkan kirim di sini.

Berikan tanggapan anda. AYO BERBAGI!!

Bagikan

Jangan lewatkan

Lebih Mulia Siapa?
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks