Selasa, 02 Maret 2010

JAMMIBAL VII | Perkemahan Pramuka untuk Mendidik Diri

Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 26 s.d. 28 Pebruari 2010, seluruh Madrasah Ibtidaiyah (MI) se- Kota Bandar Lampung telah mengadakan Jambore tingkat Kota Bandar Lampung yang diberi nama JAMMIBAL, yaitu kependekan dari Jambore Madrasah Ibtidaiyah Bandar Lampung. Acara tersebut di ikuti oleh hampir seluruh MI se Kota, termasuk tempat saya mengabdi, yaitu MIN Sinar Semendo. Namun sangat disayangkan tidak semua MI dapat berpartisipasi pada kesempatan ini, sebanyak 12 MI dari 54 MI tidak dapat mengikuti kegiatan tersebut.

Mungkin banyak kendala yang tidak dapat di ungkapkan saat ini, namun penulis memperkirakan, kendala yang dihadapi adalah berkaitan dengan biaya, memang pada kenyataannya sekolah-sekolah tersebut sangat kekurangan dana, dikarenakan siswa minim sehingga dana bantuan dari pemerintah (BOS) pun sedikit, yang sebisa mungkin harus dapat memenuhi kebutuhan operasional tersebut, seperti honor guru, operasional kantor, dll.

Berbeda dengan sekolah MI Negeri yang mempunyai siswa membanjir, bukan hanya siswa yang 'membeludak' tetapi dana BOS pun 'berserakan' sehingga dapat berpartipasi sedemikian rupa.

Itu hanya sedikit keluhan, kita kembali kepada pokok informasi.

Dalam perkemahan itu, meski saya hanya sekedar mengawasi, namun sangat merasakan kegembiraan melihat siswa/i yang sangat senang dalam mengikuti kegiatan tersebut. Nampak wajah gembira pada mereka. Meski panas, dingin, lelah, dsb, namun mereka tetap semangat mengikuti jalannya kegiatan dan perlombaan disela-sela kegiatan.

Hmm.. Jadi kepingin jadi siswa lagi.he,he..

Apa itu pramuka dan perkemahan??

Mungkin dilain kesempatan akan kita bahas, Insya Alloh. Namun saat ini saya hanya ingin membagikan beberapa koleksi gambar yang saya bidik pada saat kegiatan perkemahan pramuka dalam rangka JAMMIBAL VII tersebut.






Demikian sedikit informasi yang bisa saya sharing buat sahabat semua, semoga bermanfaat. Yang pasti pada kegiatan tersebut bukan hanya menghafal Kode plat Nomor Kendaraan seperti pada posting sebelumnya. he,he.. Tetapi lebih dari itu, di Pramuka dan Perkemahan adalah sarana untuk mendidik diri, baik disiplin, keberanian, ketegaran, dan kemampuan bertahan dalam kondisi apapun.

Di tunggu komentar anda semua...

Bagikan

Jangan lewatkan

JAMMIBAL VII | Perkemahan Pramuka untuk Mendidik Diri
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.

2 comments

Tulis comments
avatar
2 Maret 2010 18.50

waah.. jadi inget jaman dulu muda...hehe

Reply
avatar
2 Maret 2010 19.38

seru ui waktu pramuka
jadi kangen masa2 itu

Reply

Silahkan Isi Komentar Anda!
Sebisa mungkin saya akan menanggapi dan membalas komentar, berkunjung ke blog atau situs anda.
NO SPAM, NO SARA! Thanks